Lima pemain Manchester United tampil di Irlandia Utara mulai line-up selama enam pertandingan pada akhir 1970-an: Tommy Jackson, David McCreery, Chris McGrathand, Sammy McIlroy, dan Jimmy Nicholl. Mantan favorit Manchester United Trevor Anderson dan George Best juga tampil.

Samuel McIlroy lahir 2 Agustus 1954 di kota Belfast yang bermasalah di Irlandia Utara. Dibesarkan di jantung Protestan, Belfast Timur, ia menderap sejak usia dini di sebuah marinasi politik dan agama. Meskipun demikian, East Belfast telah menghasilkan sejumlah besar pemain Manchester United yang sangat berbakat selama bertahun-tahun termasuk nama-nama rumah tangga seperti George Best, Eric McMordie, David McCreery, dan Norman Whiteside. Setelah ditemukan oleh pramuka Bob Bob yang terkenal sementara masih menjadi pemain sekolah, McIlroy disarankan oleh keluarganya untuk mencari keberuntungan sepak bolanya di iklim Lancashire yang lebih tenang karena Irlandia Utara terhuyung-huyung di ambang Perang Sipil.

Pemain muda terakhir yang akan ditandatangani oleh manajer legendaris Manchester United Sir Matt Busby, Sammy McIlroy tiba di Manchester sebagai pemain muda berwajah segar berusia 14 tahun pada musim panas 1969. Menemukan jaring pada debut United melawan rival sengit Manchester City pada November 1971, anak muda berbakat cepat menjadi hit besar dengan Old Trafford setia. Akhirnya membangun dirinya di tim utama Manchester United selama musim 1974-75, McIlroy melanjutkan untuk membuat total 391 penampilan untuk The Reds. Veteran muda itu juga memainkan peran penting dalam kebangkitan United yang fantastis di bawah Tommy Docherty pada pertengahan 1970-an, memenangkan gelar Divisi Dua bersama The Reds pada 1975 dan Piala FA dua tahun kemudian.

Akhirnya memutuskan untuk meninggalkan Manchester United pada akhir musim 1981-82, Sammy McIlroy kemudian tampil untuk Stoke City, Manchester City, Bury, Preston North End, dan Northwich Victoria. Ulsterman yang bekerja keras juga memiliki karir internasional yang luar biasa, mendapatkan total 88 topi untuk Irlandia Utara tercintanya antara tahun 1972 dan 1987.

"Orang-orang Protestan di Irlandia Utara telah digunakan dan disalahgunakan oleh Inggris. Bagaimana mungkin Anda memiliki kelas pekerja yang hidup dalam kemiskinan dengan memilih Tory? Anda melihat dua orang kelas pekerja saling menembak dan Anda bertanya bagaimana itu mungkin. Itu membagi dan menaklukkan, sifat Inggris dari titik tahun. "

Kutipan Paddy Crerand.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *