Sekitar dua tahun yang lalu, Manchester Terrier nakal saya (Ziggy) menyerbu sekotak coklat yang jatuh dari meja dapur saya ke lantai. Pada saat saya menemukan kecelakaan ini, Ziggy telah melahap sekitar 4 cokelat kecil. Saya panik. Saya tahu cokelat bisa sangat buruk bagi anjing, tetapi apakah 4 cokelat kecil cukup untuk membunuhnya? Saya menghubungi dokter hewan Ziggy segera. Dokter hewan itu sangat meyakinkan, memberi tahu saya bahwa cokelat memang beracun bagi anjing, tetapi Ziggy belum cukup makan untuk membuatnya terpengaruh. Saya lega (dan Ziggy ternyata baik-baik saja) tetapi saya ingin tahu mengapa coklat itu beracun bagi anjing dan dalam jumlah berapa.

Mengapa cokelat beracun bagi anjing?

Sejak itu saya belajar bahwa cokelat mengandung theobromine, yang secara alami ditemukan dalam biji kakao. Meskipun tidak berbahaya bagi manusia, theobromine sangat beracun bagi anjing (dan binatang peliharaan lainnya, seperti kuda). Theobromine adalah stimulan (mirip dengan kafein) dan mempengaruhi sistem saraf pusat dan jantung.

Bagaimana Anda bisa tahu apakah anjing Anda sudah makan terlalu banyak coklat?

Meskipun cokelat dalam jumlah kecil tidak berbahaya, karena anjing harus berjaga-jaga tak pernah diberi coklat apa saja. Mengapa? Pernahkah Anda memperhatikan bahwa orang-orang mengalami kesulitan makan saja satu keripik kentang? Nah, hal yang sama berlaku untuk anjing dan cokelat – satu rasa dan mereka akan menginginkan (dan mencari) lebih banyak.

Meskipun Anda mungkin tidak memberi anjing Anda cokelat, kecelakaan memang terjadi. Jika anjing Anda makan coklat, informasi berikut akan membantu Anda memutuskan apa yang harus dilakukan.

Ada dua faktor utama yang akan menentukan apakah anjing akan memiliki reaksi beracun terhadap cokelat:

(I) konsentrasi theobromine dalam coklat dibandingkan dengan berat anjing; dan

(ii) usia dan kesehatan individualnya.

Konsentrasi theobromine dibandingkan dengan berat anjing

Coklat susu dan coklat putih memiliki konsentrasi theobromine yang lebih kecil karena itu kurang beracun daripada dark atau cooking chocolate.

Berikut ini panduan untuk setiap jenis cokelat:

Coklat putih: Dibutuhkan 113,4 kilogram (250 pon) cokelat putih untuk meracuni anjing seberat 9 kilogram (20 pon).

Susu atau coklat semi-manis: Sekitar setengah kilogram (1 pon) cokelat susu beracun untuk anjing seberat 9 kilogram (20 pon). Sebagai contoh, dibutuhkan sekitar 2-3 batang cokelat / permen untuk meracuni seekor anjing seberat 5 kilogram (10 pon).

Memasak atau memanggang cokelat: 57 gram (2 ons) cokelat masakan / memasak beracun untuk anjing seberat 9 kilogram (20 pon).

Kesehatan dan usia

Jika anjing berusia lanjut atau tidak sehat secara optimal, toleransinya terhadap coklat dapat diturunkan.

Gejala keracunan

Jika anjing Anda makan coklat dalam jumlah banyak, ia akan menunjukkan gejala berikut dalam dua jam pertama: muntah, diare atau hiperaktif. Gejala-gejalanya akan berlanjut ke peningkatan denyut jantung, aritmia, kegelisahan, sentakan otot, peningkatan buang air kecil atau terengah-engah yang berlebihan. Gejala yang lebih mengerikan termasuk hipertermia, tremor otot, kejang, koma, dan kematian.

Perawatan untuk keracunan coklat

Ada tiga langkah dalam perawatan pertolongan pertama keracunan cokelat:

1. Induksi muntah

Untuk melakukan ini, Anda dapat memberi 1-2 sendok teh hidrogen peroksida 3% setiap 15 menit sampai anjing membersihkan. Atau, berikan satu dosis 2-3 sendok teh "Sirup Ipecac".

2. Berikan agen absorpsi

Setelah muntah telah diinduksi, penting untuk segera mengurangi penyerapan theobromine di perut anjing. Karena itu, beri arang aktif dicampur dengan air. Dosisnya adalah 1 sendok teh untuk anjing kurang dari 11,3 kilogram (25 pon) dan 2 sendok teh untuk anjing dengan berat lebih dari 11,3 kilogram (25 pon).

3. Konsultasikan dengan dokter hewan Anda

Beritahu dokter hewan Anda tentang rincian berikut:

(i) berapa banyak cokelat yang dimakan anjing;

(ii) jenis cokelat apa;

(iii) sudah berapa lama anjing itu makan cokelat;

(iv) gejala yang dialami;

(v) usia dan kesehatan umum anjing Anda; dan

(vi) setiap pertolongan pertama yang Anda berikan.

Merupakan ide bagus untuk memiliki Syrup Ipecac, arang aktif, dan hidrogen peroksida 3% di dalam kotak pertolongan pertama hewan peliharaan Anda jika anjing Anda memakan racun beracun atau racun beracun lainnya.

Penulis bukan dokter hewan, silakan berkonsultasi dengan dokter hewan Anda jika Anda yakin anjing Anda telah makan cokelat atau zat beracun lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *